Click 3

Thursday 22 August 2013

Stock & Flow



Dalam sistem keuangan ada dua hal yang sangat berpengaruh, yaitu:
1)    Stock, jumlah uang dalam peredaran
2)   Flow, jumlah transaksi yang mengunakan uang dalam peredaran tersebut, sehingga uang terus berpindah tangan/ mengalir.
Dan flow, biasanya lebih berpengaruh pada sistem keuangan dari pada stock. Karena flow dapat melipatgandakan stock secara efektif.
Cara kerja flow kira2 seperti ini:
Misal, di dunia ini hanya ada 2 orang, “aku” dan “kamu”....
“aku” sebagai orang kaya yang mempunyai selembar uang Rp 1.000,-. Dan itu adalah satu2nya uang yang ada dalam stock.
Jika aku meminjami “kamu” uang itu, mungkinkah kau mengembalikannya seratus ribu padaku....?
Tidak mungkin kan...., jangankan seratus ribu, dua ribu saja tidak mungkin.... Dari mana kau akan mendapat uang untuk membayar bunga yang sembilan puluh sembilan ribu itu....? Kan stock hanya selembar Rp 1.000,-.....
Jangan bilang ngeprint sendiri low.... :-)
Ya..., begitulah.... Jika aku menyuruhmu membayar dalam sekali bayar, maka tidak mungkin....
Namun jika aku menyuruhmu membayarnya dengan cicilan seribu rupiah, maka akan terjadi keajaiban.....
Yang kuperlukan agar kau dapat membayar hutang seratus ribu dengan stock hanya selembar Rp 1.000,- adalah memberimu kesempatan untuk mendapatkan seribu rupiah itu kembali. Yaitu, kau bisa mendapatkan upah dengan cara bekerja padaku. Jadi, kau bisa mendapatkan seribu itu kembali setiap kali kau mencicil hutangmu padaku.....
Pintar kan..... ?
Aku tinggal duduk diam dapat duit..., dan kau selalu bekerja & mecicil untukku.....
Setelah kau membayar seribu rupiah itu padaku. Maka aku kembalikan lagi padamu sebagai upah atas pekerjaanmu. Setelah kau kembalikan lagi padaku, aku kembalikan lagi padamu. Begitu seterusnya.... Kau akan terus bekerja untukku hingga seratus ribu itu lunas....
Jangankan seratus ribu, sejuta ribu pun bisa kau lunasi jika kau panjang umur. Dan kau terus bekerja padaku....
Begitulah prinsip kerja flow....
Dengan memanfaatkan flow, maka satu2nya selembar Rp 1000,- itu bisa membayar cicilan berkali-kali. Dan menjadi ribuan, bahkan jutaan, tak terbatas.....
Masuk akal tow...., jadi kau harus bekerja untuk mendapatkan uang itu. Seperti dalam dunia riil ini kan.... mereka tinggal ngeprint, kau lah yang bekerja keras.... 
Ter la lu....
Tapi yang sebenarnya berharga/bernilai adalah pekerjaan yang kau lakukan, bukan selembar kertas Rp 1.000,- itu. Pekerjaanmu lah yang memberikan nilai kepada kertas itu, bukan sebaliknya....
Jadi mata uang sebenarnya tidak ada nilainya sama sekali, itu hanyalah selembar kertas. Dan sampai kapanpun tidak akan pernah bernilai lebih dari selembar kertas.....
Namun, dapat kita lihat bahwa hubungan antara kau dan aku, bukanlah hubungan yang harmonis. Hubungan tersebut merupakan hubungan yang sangat tidak sederajad....
Kenapa....? Karena ada uang diantara kita.....
Aku telah memperbudak dirimu. Hanya karena aku menguasai stock selembar Rp 1.000,- aku bisa menyuruhmu bekerja padaku. Pekerjaan apapun yang aku ingin kau lakukan, maka akan kau lakukan, demi mendapat selembar kertas itu kembali dan demi mecicil hutangmu padaku..... aku untung & kau buntung....
Seperti itu kan kenyataan yang ada disekitar kita....
Bukankah kita sering mendengar “....Pekerjaan apapun akan aku lakukan, asal halal....” demi mendapatkan beberapa lembar kertas....
Wake up brow....!!!
Kau selalu melakukan kegiatan produktif yang bernilai bagiku. Sedangkan aku tidak pernah melakukan kegiatan yang produktif bagimu. Aku hanya memberimu selembar kertas, tapi justru akulah yang menjadi tuanmu. Aku akan selalu menjadi orang kaya. Dan kau akan selalu bekerja untukku.... ha ha ha..... :-)
Seperti itulah prinsip dasar perbudakan modern.... Dengan menggunakan sistem keuangan yang memanfaatkan stock & flow + bunga + ketidaktahuan kita selama ini....

12 comments:

  1. mas. saya mau tanya. saya sudah ikut MMM kurang lebih 1 bulan. dan yang ingin saya tanyakan kenapa di desktop mavro di icon -> account -> personal account terdapat perintah untuk mengisi kolom (your bank card number). sedang yang saya ketahui bahwa program phising itu cukup mengetahui tiga digit angka, nomer kartu bank kita. maka account bank kita akan bisa dibobol oleh pelaku. nah, apa maksud sistem mavro menaruh kolom tersebut??? apakah ada niatan untuk melakukan tindakan kejahatan???

    ReplyDelete
  2. Koment utk Nukia Jalal, MMM itu nyata, jujur.yah spt kt buka rek bank dmn pun hrs ksh no rek data yg benar. Ini dibuat utk transferan spy yang gak nyasar ke rek orang lain atau saya.he he

    ReplyDelete
  3. mau tanya nih,,
    misalnya semua orang di Indonesia udah ikut MMM, apa kira2 gak kolaps/macet yah?

    ReplyDelete
  4. Menurut saya gak akan macet apalagi kolaps, karena MMM ditangani disetiap NEGARA dimana SERVER nya berada. Ini bicara SISTEM yang dijaga turun temurun sejak berdirinya hingga berkembang sekarang ini secara ONLINE. Coba perhatikan saja FACEBOOK, GOOGLE, YAHOO, dll...Namun mereka itu perusahaan yang dimiliki oleh orang-orang tertentu, sedangkan MMM adalah "komunitas dunia" yang memiliki STRUKTUR nya masing-masing namun yang menghargai satu sama lain terlebih kepada pendiri/pembuat SISTEM nya. Jadi, selama INTERNET masih ada maka MMM akan terus berjalan untuk memperkenalkan sistemnya kepada para penguasa/pemerintah...jadi sekali lagi pelajari strukturnya...yang dikelola para manajer...

    ReplyDelete
  5. yaa benar saya setuju dengan kutipan ++--- copas
    sedangkan MMM adalah "komunitas dunia" yang memiliki STRUKTUR nya"

    Kalau kita bicara kolaps, bankrut itu sudah pasti, manusia aja pasti mati kok, haha, jadi kalau kita bicara sistem itu bertahan sampai kapan?? ini baru dipikirkan. Dan itu tadi yang di capslock "STRUKTUR" nya!! sama seperti akar pohon beringin, akar nya aja udah segede itu, susah kan menumbangkannya??!! (y) *oya, saya lokasi di batam, siapa ya yang bisa saya hubungi.. mau masuk rencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. SILAHKAN KOPDAR DENGAN SAYA INI NO HP SAYA 08192666141 POSISI SAYA DI BATAM GAN

      Delete
  6. hubungi saya pak.
    saya dari Makassar.
    Sukses MMM

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. mas jiika saya deposit 1 juta . dan saya tidak mau ambil selama 12 bulan / 1 tahun, apakah benar bisa mendapatkan 23 juta dalam setahun?

    ReplyDelete
  9. hai hati ini kalau enggak riba ya penipuan nggak ada usaha yang bisa untung 30%per bulan.

    ReplyDelete
  10. Hari gene percaya tahayul keuangan?? Admin selalu bicara 30% itu didapat dari member lama yg numpuk duitnya di MMM (padahal alasan numpuk simpan duit di MMM adalah biar bisa mendapat 30% itu) pak e kalo ngibul yg kira2 dong!!

    ReplyDelete